Olahraga merupakan bagian penting dalam kehidupan setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan. Dengan berolahraga kita dapat menjaga kesehatan tubuh kita, dan tentu saja membuat badan menjadi lebih bugar. Tetapi olahraga juga perlu peralatan yang cukup, diantaranya adalah sepatu. Sepatu olahraga penting baik bagi pria maupun wanita, karena hampir setiap cabang olahraga membutuhkan sepatu untuk melindungi kaki kita dari cidera. Tapi salah memilih sepatu juga bisa berakibat fatal buat kita. Maka berikut ini akan kami sajikan beberapa tips memilih sepatu olahraga bagi kaum wanita.

Pilih sesuai kebutuhan

Setiap sepatu olahraga tentunya memiliki perbedaan bahan, berat sepatu, dan desain yang semuanya dirancang secara khusus sesuai dengan jenis olahraga atau fungsi sepatu tersebut. Hal itu bertujuan agar selama berolahraga kaki dapat terlindungi dari cidera baik itu lecet atau bahkan sampai keseleo. Misalnya ketika kamu mau membeli sepatu untuk bermain tenis maka jangan membeli sepatu untuk jogging atau lari. Meskipun sepatu lari juga bisa kita pakai untuk bermain tenis tapi keduanya jelas dirancang berbeda karena gerakan kedua olahraga ini tidak sama.

Ukuran

Ukuran tentu saja menjadi hal yang sangat penting. Sebelum membeli sepatu pastikan ukuran sepatu yang kita beli pas baik panjang maupun lebar sol sepatu. Untuk pembelian offline di toko mungkin kita bisa mencobanya terlebih dahulu, tapi ketika kita membeli secara online kita tidak tahu apakah ukuran yang biasa kita pakai sama dengan ukuran sepatu yang dijual online tersebut. Agar kita tidak keliru ketika memilih ukuran sepatu sebaiknya pastikan dulu panjang dan lebar insole. Agar ketika kita pakai cukup di kaki kita dan pastinya akan nyaman ketika digunakan untuk berolahraga.

Hindari Menggunakan Sepatu Multifungsi

Meskipun sepatu multifungsi lebih praktis dan efisien namun sebaiknya hindari menggunakan sepatu ini. Sebagai contoh sepatu sneaker memang bisa digunakan untuk berlari atau bermain tenis. Tapi sepatu ini tidak dirancang untuk berolahraga, namun untuk kebutuhan sehari-hari yang gerakannya cenderung tidak ekstrim. Selain itu juga desain dan teksturnyapun berbeda dengan sepatu olahraga yang khusus untuk olahraga tertentu.

Model

Tidak hanya kenyamanan dan keamanan saja yang perlu dipertimbangkan ketika memilih sepatu, tetapi penampilan juga penting. Untuk mendapatkan kesan menarik perlu kita memilih model sepatu yang enak dilihat dan kekinian, hal itu akan membuat pemakainya tampil percaya diri. Ketika memilih model sepatu tentunya disesuaikan juga dengan jenis olahraganya ya. Jangan sampai karena model sepatu yang cocok sepatu lari maka kita beli saja, padahal mau dipakai untuk bermain tenis.

Baca juga: Peluang Usaha Sepatu Wanita di Bogor

Masa Pemakaian

Masa pemakaian sepatu juga perlu kita perhatikan. Sepatu yang sudah melewati batas pemakaian sebaiknya jangan digunakan lagi karena akan berakibat pada penurunan performa serta kenyamanan ketika dipakai. Maka dari itu perhatikan usia sepatu kita apakah masih layak untuk dipakai atau sudah harus ganti dengan yang baru.

Masa pakai sepatu di setiap olahraga tentunya berbeda dari setiap jenis sepatu olahraga. Untuk sepatu lari kenyamanan optimalnya berjarak sekitar 725 kilometer atau sekitar 6 bulan untuk pelari elit dan 1 tahun lebih untuk pelari moderat. Namun untuk tanda-tanda kadaluarsanya bisa tergantung pada berat badan pelari. Pelari yang memiliki badan yang ringan mungkin akan lebih lama kadaluarsanya. Selain itu medan lari juga berpengaruh pada ketahanan sepatu. (sumber : lifestyle.kompas.com) Untuk sepatu lain silahkan bisa kamu cari di Google ya. Nah, agar sepatu kita tidak cepat rusak tentu saja kita harus merawat sepatu dengan baik.

Itulah beberapa tips memilih sepatu olahraga terutama buat kamu kaum wanita yang selain menginginkan kenyamanan juga tetap memperhatikan penampilan. Semoga tulisan diatas bisa membantu kalian dalam mencari sepatu idaman untuk berolahraga. Terimakasih sudah membaca dan selamat berolahraga.