Memiliki sepatu kulit merupakan kebanggaan tersendiri, disamping harganya yang cukup mahal sepatu ini juga awet dan enak dipakai. Tapi mungkin banyak yang tidak tahu bagaimana cara merawat sepatu kulit. Biasanya orang hanya memakainya kemudian meletakkannya begitu saja di rak sepatu tanpa memikirkan perawatan. Padahal sepatu kulit harus selalu dijaga agar tetap nyaman dipakai dan tentunya lebih tahan lama.

Meskipun sepatu kulit tergolong kuat namun masalah yang sering terjadi pada sepatu kulit umumnya adalah permukaan yang menjadi kusam, timbul lekukan-lekukan di bagian upper, atau bahkan sampai mengelupas. Hal itu terjadi diantaranya karena terpapar sinar matahari serta aktifitas-aktifitas ekstrim dari pemakainya. Selain itu juga sepatu kulit biasanya mudah bau terlebih apabila sudah dipakai seharian. Tapi tidak perlu khawatir karena akan kami share bagaimana tahapan merawat sepatu kulit.

  1. Penyimpanan

Penyimpanan sepatu sangat berpengaruh pada perawatan sepatu kulit. Simpan sepatu pada suhu ruangan, dan hindari membungkusnya dengan plastik. Membungkus sepatu dengan plastik bisa cepat merusak sepatu karena plastik dapat menyerap warna hingga menjadi pudar serta memicu tumbuhnya jamur pada permukaan kulit.

2. Gunakan Silica Gel

Masukan sillica gel ke dalam sepatu ketika sedang tidak digunakan atau disimpan di rak sepatu. Tujuannya adalah untuk menyerap kelembaban sehingga sepatu terbebas dari jamur. Selain itu memberikan silika bisa menjauhkan sepatu dari bau apek atau bau yang nggak enak.

3. Hindari dari Kelembaban

Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari sepatu agar tidak pecah. Jauhkan sebisa mungkin sepatu dari tempat yang lembab serta berair. Apabila terkena air segera keringkan, namun jangan jemur di terik matahari karena malah akan membuat kulit menjadi pudar. Gunakan kertas bekas koran dan keringkan secara perlahan. Cukup angin-anginkan sepatu setelah itu tidak perlu dijemur.

4. Gunakan Lotion Khusus

Jika memungkinkan gunakan lotion khusus atau hand body. Bersihkan sepatu dengan spons dengan hanya menepuk-nepukannya di permukaan kulit sepatu. Hal ini bisa menjaga kulit sepatu dari warna yang pudar dan agar selalu terlihat berkilau atau mengkilat.

5. Jangan Lupa Menyemir

Gunakanlah semir sepatu agar lebih terlihat berkilau. Sikatlah sepatu dengan cara menyikat satu arah, dan jangan lupa sesuaikan warna semir dengan warna sepatumu.

6. Simpan yang Rapi

Agar terhindar dari pecah-pecah maka simpanlah sepatu dengan cara rapi. Beri jarak antara sepatu yang satu dengan sepatu lainnya. APabila perlu gunakan pengganjal khusus sepatu.

7. Keluarkan setiap dua minggu sekali

Agar tetap terlihat baru salah satu perawatannya adalah dengan mengeluarkannya setiap dua minggu sekali. Karena bahan sepatu dari kulit butuh suhu udara normal untuk menjaga permukaannya tetap kering dan tidak lembab.

Itulah beberapa cara merawat sepatu kulit yang perlu untuk kalian ketahui agar sepatu kalian tetap awet dan tetap tampil menarik. Semoga info di atas bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca postingan kami yang lain Sepatu Wanita Kekinian yang Banyak Dicari, atau jika kalian ingin membuat sepatu bisa berkunjung ke Peluang Usaha Sepatu Wanita di Bogor.