Bogor merupakan salah satu kota yang tidak pernah luput dari para wisatawan, khususnya wisatawan domestik. Kota yang memiliki julukan kota hujan ini selalu ramai menjadi destinasi wisata khususnya di akhir pekan. Tidak hanya Puncak, daerah-daerah lain di sekitaran Bogor pun tak jarang jadi sasaran para pelancong. Namun daya tarik Kota Bogor tidak hanya terletak di panoramanya saja. Bogor juga merupakan salah satu kota penghasil sepatu yang sudah dikenal di penjuru nusantara. Banyak pengusaha yang terpesona dengan produk sepatu lokal di kota ini yang dihasilkan oleh pengrajin sepatu berpengalaman di Bogor. Tidak hanya dipasarkan di sekitar Bogor, bahkan sepatu Bogor sudah sampai ke mancanegara.

Jika kalian jalan-jalan ke Bogor jangan lupa untuk mampir ke Pasar Anyar. Disitulah Sepatu-sepatu cantik dan kekinian ditawarkan dengan harga grosir. Tentunya kamu pun harus membelinya secara grosir, karena rata-rata sepatu yang dijual disitu dijual secara grosir. Tapi tidak perlu khawatir karena dengan membeli 5 pasang saja kamu sudah bisa membawa pulang sepatu yang murah meriah. Biasanya pedagang yang mengambil sepatu disitu adalah mereka yang akan berjualan secara eceran baik offline ataupun online. Harganya pun sangat bervariasi, dari belasan ribu hingga puluhan ribu per pasang. Hanya dengan belasan ribu per pasang sepatu keren sudah bisa dipajang di etalase toko kalian.

Sepatu dari berbagai macam model tiap harinya dijajakan di Pasar Anyar Bogor. Biasanya sepatu-sepatu itu didistribusikan ke berbagai wilayah di seluruh Indonesia, bahkan sampai manca negara. Pelanggan biasanya datang dari berbagai kota, tidak hanya dari Jabodetabek saja tapi dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Jawa Tengah, Jawa Timur, bahkan sampai Papua. Tak heran setiap hari tempat itu selalu ramai aktifitas mobil ekspedisi yang siap mengantarkan pesanan ke berbagai pelosok negeri. Hampir semua sepatu dan sandal yang dipasarkan di Pasar ini adalah buah karya pengrajin sepatu dari Kecamatan Ciomas, Bogor. Dari sinilah tangan-tangan terampil itu menghasilkan karya seni berupa sepatu-sepatu wanita yang cantik dan kekinian.

Baca Juga: Sepatu Wanita Kekinian yang Banyak Dicari

Kecamatan Ciomas terletak sekitar 10 Kilo meter dari pusat Kota Bogor. Perjalanan dari pintu tol Baranangsiang bisa ditempuh sekitar 30-40 menit menggunakan mobil, sementara dari pintu tol Ciawi bisa memakan waktu 45-55 menit. Tapi jika kalian ingin berkunjung ke Ciomas sebaiknya keluar di pintu tol Baranangsiang. Sementara jika menggunakan kendaraan umum tidak perlu khawatir, karena angkot siap mengantar 24 jam. Dari Terminal Baranangsiang kita hanya perlu naik angkot dua kali, sementara dari Stasiun Bogor bisa hanya sekali naik angkot, atau dua kali.

Bengkel sepatu di Ciomas jumlahnya sangat banyak, jika kamu pertama kali berkunjung ke Ciomas dan ingin memesan sepatu langsung ke produsennya maka bisa dipastikan akan bingung. Karena ketika kita melewati Jalan Raya Ciomas, yang kita jumpai bukanlah bengkel atau pabrik sepatu seperti yang kita bayangkan sebelumnya. Di pinggir-pinggir jalan akan lebih banyak kita jumpai penjual bahan-bahan sepatu, jasa embos, bahkan beberapa gerai kuliner. Biasanya bengkel sepatu berada di dalam, kita harus masuk dulu ke jalan yang kecil baru bisa menjumpai pengrajin-pengrajin sepatu itu. Kami sarankan jika kalian pertama kali kesana sebaiknya mengajak orang yang kalian kenal yang tahu dan paham dimana tempat bengkel sepatu yang kredibel, yang bisa dipercaya dan menghasilkan sepatu berkualitas

. pengrajin sepatu bogor

Tapi jika tidak mau repot-repot datang ke Ciomas pun tidak masalah. Karena kami siap membantu kamu memiliki merk sepatu sendiri tanpa harus keluar rumah. Silahkan kunjungi link berikut ini untuk informasi selengkapnya. Atau langsung hubungi admin kami disini

Harga sepatu per kodi di bengkel Ciomas bisa jadi lebih mahal dibandingkan dengan yang kita temui di pasar yang tadi kami sebutkan. Hal ini karena para pengrajin ingin membuat sepatu yang kita pesan memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan yang ada di pasar. Material yang digunakan juga berbeda, bahkan tak jarang mereka memesannya dari luar kota untuk menjamin kepuasan pelanggan. Para pengrajin sepatu di Ciomas Bogor sudah terbiasa mengerjakan merk-merk sepatu ternama yang biasa kita jumpai di supermarket atau di mall-mall di seluruh Indonesia. Mungkin diantara kalian ada yang tidak sadar sedang memakai sepatu bikinan mereka.

Harga setiap jenis sepatu tentunya juga berbeda. Misal untuk sepatu balet biasanya lebih murah harga per kodinya karena mereka tidak memerlukan material yang terlalu banyak, dan pengerjaannya pun lebih mudah. Sementara sepatu jenis high heel biasanya akan lebih mahal harga per kodinya karena akan ada beberapa material tambahan dan pengerjaannya pun biasanya lebih lama.

Model apa saja sih yang biasa diproduksi di bengkel sepatu bogor? Pastinya semua model yang pernah kalian lihat di toko ataupun di internet mereka bisa membuatnya. Jadi tidak perlu ragu lagi jika kalian ingin memesan sepatu dengan model custom sesuai keinginan kita dan membuat merk sepatu kamu sendiri. Karena mereka mampu dan bersedia membuatkan model tersebut dan dengan merk yang kalian inginkan tentunya. Selain berpengalaman puluhan tahun bengkel-bengkel sepatu di Ciomas juga terbiasa mengerjakan sepatu dalam partai besar. Jadi tidak perlu risau kalau kita mau stok sepatu yang banyak buat persiapan lebaran atau untuk dipajang di etalase toko kita.

Itulah sedikit cerita bagaimana dan darimana asalnya sepatu cantik yang kamu pakai itu berasal. Bagaimana, apakah tertarik untuk memulai menjadi pengusaha sepatu? Semoga tulisan di atas bisa membuka wawasan teman-teman tentang asal-usul sepatu wanita yang diproduksi oleh para pengrajin sepatu di Bogor. Mungkin sebagian dari kita tidak tahu kalau bogor adalah salah satu sentra penghasil sepatu di Indonesia. Bahkan ada sebagian warga Bogor yang belum tahu dimana pusat produksi sepatu di Bogor. Terimakasih atas waktu yang telah teman-teman luangkan membaca tulisan ini, sampai jumpa di tulisan kami berikutnya dan sampai jumpa di Bogor.